Minggu, 24 April 2011

Anak Sulung

in this sesion, gw maw ngomongin sedikit soal Anak Sulung dalam keluarga :)
mangga atuh :3

yoo..
anak sulung itu biasanya identik dengan kata EGOIS. dengan segala sikap nya yang sok kuasa. dengan kemauannya yang berlebihan. semena-mena mungkin. dan hal lain lah.
kalo lo bilang jadi anak sulung itu enak, lo salah !

Lo taw ga? kalau anak sulung berkurang kebahagiaannya saat adik nya lahir. tapi bertambah tugasnya juga saat adiknya lahir. tugas seumur hidup.

anak sulung itu udah diajarin untuk ngelindungin, ngejaga, ngurus sampe bertanggug jawab kalau adeknya kenapa-kenapa. bahkan sebelum adeknya lahir aja, dy udah dididik untuk menjaga adeknya.
contoh :
anak : mama, adek kapan lahirnya?
ibu *sedang hamil* : sebentar lagi sayang. nanti kamu bantu mama jagain adek ya..
nah tuh, liad kan ckck !!

kakak itu dari kecil udah bertugas untuk jagain kita *adek2 nya*. padahal mungkin aja beda umur nya cuma 1tahun tapi tetep aja tanggung jawab sebagai kakak tetap mutlak sedari kecil. bener kan?

misal nya, kakak-adek ini gy maen berdua ditaman. terus adeknya lari-lari sendiri ngejar kupu2 dan jatuh. luka. nangis. adeknya dimarahin ga?
pasti nggak lah. kakak lah yang dimarahin.
ibu : "kak, kok adeknya ga dijagain sie? diliad dong adeknya maen apa."
kakak : ...

nah beda nih klo kakak yang jatuh..
misal kakaknya gy maen kejar2an sama adeknya. adek nya maw jatuh terus kakaknya tarik. mereka berdua jatuh. kakak luka. adek nggak. adek nangis. kakak nangis juga *ya sakitlah pasti* . tapi lagi-lagi..
ibu : aduh..kok bisa jatuh siie? kakak jangan ajak adeknya maen yang nggak bener dong. *tiup2 lukanya kakak*
kakak : *nangis* *minta gendong*
ibu : udah ah kakak jangan cengeng. kakak nakal sie *ibu gendong adek, dipangku-pangku*
kakak : *...*

nah lo, jangan bilang lo pada ga pernah liad kejadian kayak gini deh. ini kejadian paling serig g liad kalau banyak anak kecil gy maen ditaman, ampe didepan rumah gw.

dengan contoh di atas, gw maw bilang kalau anak sulung itu sebenernya dipaksa dewasa. bukan oleh lingkungan doang tapi dari orangtua juga dan itu terjadi dari orangtua nya mlai merencanakan adek bwt dy. sadar atao ga sadar, orangtua melakukan itu pada setiap anak sulung nya.

kalau lo bilag kakak itu egois dan ga maw ngalah. itu karena dy udah ga boleh bermanja-manja lagi. apalagi didepan adeknya. orangtua biasanya ga maw terlihat memanjakan kakak kalau didean adek. kenapa? karena kakak ga bole terlihat manja apalagi didepan adek nya. anak sulung itu harus KUAT. itu harga matinya.

lo bilang kakak lo ga maw ngalah sama lo.
lo taw ga? dia ga maw ngalah untuk hal-hal yang kecil dan terlihat. lo ga akan pernah taw seberapa banyak dy udah ngalah sama lo. dan itubukan cuma hal yang sepele dan terlihat. dy ngalah untuk hal-hal besar dari dulu, saat ini sampe nanti. itu semua ga sebanding sama saat lo yang ngalah sama dy.

lo taw kenapa orangtua begitu *terkadang* mementingkan anak pertama dan lo cemburu akan hal itu?
mungkin orangtua lo lebih mendengar pendapat anak tertua. mempertimbangakan pendapatnya. bahkan orangtua meminta pendapat anak tertua dan dijadiin refrensi. dan lo cemburu akan hal itu. karena lo ga didenger mungkin.

lo taw ga?
itu karena anak tertua itu sedang di didik untuk menggantikan posisi orangtua lo saat mereka udah ga ada nanti.
anak tertua itu lah yang nanti bakal jadi penanggung jawab dari adek2nya saat orangtua nya udah ga ada lagi.
walau lo udah gede dan bisa hidup sendiri. atau mungkin lo berkeluarga kelak. kakak lo *anak tertua* tetap punya tanggung jawab diri lo yang harus dijaga karna itu titipan dari orangtua lo.

itu NASIB DARI ANAK SULUNG.
bertanggung jawab atas hidup adeknya seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar