Senin, 30 Mei 2011

5 Hal yang Pasangan Harus Ketahui Sebelum Menikah

Jakarta - Saat ini, bisa jadi Anda dan si dia tengah dimabuk cinta dan siap untuk menikah. Namun jangan buru-buru dulu memutuskan naik pelaminan.

Menikah bukanlah keputusan yang bisa diambil dalam sekejap mata. Ingatlah, bahwa pria yang Anda nikahi itu nantinya akan jadi bagian hidup Anda selamanya.

Oleh karena itu, baik Anda dan pasangan, satu sama lain, sebaiknya sama-sama mengetahui lima hal di bawah ini, seperti dikutip dari Glamour:

1. Masa Lalu
Sudahkah Anda mengetahui kisah cinta si dia di masa lalu? Apakah pasangan juga sudah tahu tentang hubungan asmara Anda dahulu?

Berbagi soal cerita cinta di masa lalu perlu dilakukan. Tidak perlu semua detail kisah Anda diceritakan. Setidaknya, Anda dan pasangan memiliki informasi yang cukup sehingga tak akan terkejut di kemudian hari jika orang-orang di masa lalunya itu muncul.

Masa lalu ini juga menjadi penting jika Anda akan menikahi seorang duda. Anda perlu mengetahui detail tentang perceraiannya, seperti apakah dia punya perjanjian dengan mantan istrinya soal biaya pengasuhan anak.

2. Anak
Sebelum memutuskan menikah, sebaiknya Anda dan pasangan sudah memiliki visi yang sama soal anak. Apakah Anda dan si dia sepakat untuk langsung memiliki anak atau memilih menundanya dulu. Jika bahas setelah pernikahan dan ternyata Anda dan si dia berbeda visi, hal ini bisa jadi masalah bagi Anda berdua.

3. Pekerjaan
Bukan hanya soal anak saja yang Anda dan pasangan perlu sepakati sebelum menikah. Sebelum janji setia sehidup semati itu diucapkan, Anda sebaiknya bertanya pada pasangan apakah nantinya Anda harus bekerja atau menjadi ibu rumah tangga.

Masalah di atas bisa jadi perdebatan serius jika nantinya dibahas saat pernikahan sudah terjadi. Apalagi jika ternyata Anda ingin bekerja, sementara suami minta Anda di rumah saja.

4. Keluarga
Tentu saja Anda perlu banyak tahu soal keluarganya. Mulai dari silsilah, kebiasaan, atau adakah masalah yang mungkin bisa mempengaruhi hubungan Anda.

Jangan sampai ketidaktahuan Anda atau pasangan soal keluarga masing-masing memperkeruh hubungan saat sudah menikah. Kalau ternyata ada masalah dan diketahui sebelum menikah, Anda dan pasangan bisa mencari solusinya sekarang.

5. Keuangan
Masalah uang seringkali jadi alasan pasangan yang sudah menikah memilih bercerai. Oleh karena itu, sebelum Anda mengalami hal itu, cari tahu dulu soal keuangan dan pola hidup pasangan.

Berkomunikasilah soal kebiasaan Anda dalam urusan uang, misalnya bagaimana pola pengeluaran Anda atau pasangan, ke mana saja uang itu dihabiskan setiap bulannya, dan lain-lain. Jangan sampai masalah keuangan ini baru diketahui setelah menikah dan ternyata membuat Anda atau pasangan terkejut sehingga menjadi masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar