Sabtu, 28 Mei 2011

Hewan-Hewan Laut yang Unik Part 1

Ikan Batik Bermuka Manusia (Histiophryne psychedelica)
Ikan batik ini ditemukan oleh Ted Petsch di sekitar perairan dangkal kepulauan Ambon. Besarnya hanya sebesar telapak tangan orang dewasa. Disebut ikan batik, tentu karena corak tubuhnya yang menyerupai kain batik. Ikan ini mempunyai kebiasaan unik yaitu sering membenturkan dirinya sendiri ke dasar laut sehingga mirip sebuah bola karet. Coba liat mukanya, kaya muka orang kan?
Ikan Kepala Transparan (Macropinna microstoma)
Disebut juga ikan barrel eye (Macropinna microstoma) yang memiliki kepala transparan dan ditemukan di perairan Samudera Pasifik. Unik, hanya kepalanya saja yang transparan, tubuhnya justru berwarna gelap, yaitu cokelat kehitaman tanpa ada unsur warna cerah sedikitpun. Bentuk kepala yang streamline dan transparan ini diduga merupakan bentuk adaptasi barrel eye terhadap tempat hidupnya di perairan laut dalam (bathyal). Dari kepala yang transparan ini, terlihat bahwa barrel eye memiliki satu pasang mata tambahan yang besar, berwarna hijau dan menghadap ke atas, bukan menghadap ke depan sebagaimana lazimnya. Barrel eye tetap memiliki satu pasang normal, seperti ikan lainnya, berukuran kecil dan menghadap ke depan. Anehnya, justru mata yang menghadap ke atas di dalam kepalanya inilah yang digunakan untuk melihat. Sementara mata yang menghadap ke depan diduga sebagai sejenis reseptor bunyi dan aroma. Muncul juga dugaan kalau kepala transparan dan sepasang mata tambahan ini merupakan bentuk evolusi terhadap habitat di perairan dalam yang memiliki tekanan air berat (0.5 ton/cm2 hingga 1 ton/cm2). Perairan bathyal dan abysal (perairan laut dalam sekali) memang terkenal dengan penghuni-penghuninya yang unik dan aneh sehingga mengundang rasa penasaran para ilmuwan.


Ikan Viper
Memiliki nama latin Mesopelagic dapat ditemukan dikedalaman 80-1600 meter, merupakan ikan dengan tampang super kejam (mulut lebar dan gigi tajam). seperti kebanyakan ikan dari lautan dalam, ikan ini tidak memiliki warna kulit alias tembus pandang dan organnya menyala karena proses yang disebut bioluminescence, selain itu mereka memiliki mata yang besar untuk mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin di dalam kondisi minim cahaya atau bahkan tanpa cahaya sama sekali. Mulutnya yang lebar dalam menelan utuh ikan yang bahkan lebih besar dari badannya, hal ini dimungkinkan karena perutnya bersifat elastis sehingga dapat mengembang. Ikan-ikan dasar laut ini harus beradaptasi dengan lingkungan yang sangat minim stok makanan karena lingkungannya yg sangat dalam sehingga tidak banyak mahluk lain yg berkeliaran, kadang mereka saling memakan sesama sejenis untuk dapat bertahan hidup.


Dragonfish
Mempunyai nama latin Grammatostomias Flagellibarba, hidup di kedalaman 5000 kaki / 1.500 meter, memiliki semacam belalai menyala yang terhubung dengan dagunya. Dibagian samping tubuhnya juga terdapat bagian menyala yang digunakan untuk memberi tanda kepada ikan Dragonfish lain selama musim kawin.


Gulper Eel
Dikenal juga dengan nama Eurypharynx Pelecanoides, dapat tumbuh sampai panjang 2-6 kaki dapat ditemukan dikedalaman 3000 sampai 6000 kaki di dasar laut.


Giant Isopod
Dikenal juga dengan nama Bathynomus Giganteus, dapat tumbuh sampai panjang 16 inci, hidup dikedalaman 2000 kaki.


Long Nosed Chimaera
Memiliki nama lain Harriotta Raleighana, dapat tumbuh sampai panjang 5 kaki,  memiliki hidung seperi moncong pesawat supersonic, hidup dikedalaman 8000 kaki.



#btw, maaf nie yee klo misal nya ada yang heran, kok ada yang keterangannya panjang, ada yang keterangannya pendek hehehe ;p #

Nah, udah liad kan tuh beberapa Makhluk Laut yang ANEH.. tapi menurut gw sih, ga ada makhluk yang Aneh.. itu semua bukti kehebatan Tuhan yang bisa buat hewan-hewan yang lucu *what?!* seperti itu hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar